Rabu, 29 Februari 2012

Bayar 10 persen untuk saham


Tertarikkah Anda dengan pergerakan harga saham-saham saat ini? Performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus mencatatakan performa positifnya didukung oleh baiknya sektor teknologi dan pertambangan. Namun pernahkah Anda berpikir untuk kesempatan transaksi dimana Anda hanya diwajibkan memberikan jaminan transaksi sebesar 10 persen dari nilai transaksi saham yang dilakukan? 
Saya perkenalkan kepada Anda peluang transaksi di CFD (Contract for Differences) yang adalah sebuah produk derivatif keuangan yang merupakan turunan dari harga saham yang ditransaksikan. Jenis CFD yang bisa ditransaksikan adalah berdasarkan pergerakan saham Amerika, Jepang, dan Hongkong. Kelebihan yang paling menarik dari transaksi CFD ini adalah kesempatan bagi Anda untuk bertransaksi CFD saham dengan modal yang hanya 10% dari kebutuhan modal sebenarnya. Saya bisa bilang ini adalah diskon sebesar 90% bagi transaksi saham. Menarik bukan?  

Transaksi CFD menggunakan leverage 1:10. Dalam hal ini Anda dapat membeli ataupun menjual saham hanya dengan 10% dari modal sebenarnya. Saya berikan contoh yang mudah bagi Anda. Misalnya Anda tertarik untuk membeli saham Microsoft Corp di harga $31.00. Lalu anda bermaksud membeli 1000 lembar saham. Maka nilai transaksinya sebesar $31000. Dengan transaksi CFD, Anda hanya perlu menyertakan jaminan dana transaksi sebesar $3100 saja. Lain halnya dengan transaksi saham yang mewajibkan transaksi 1000 lembar dengan nilai transaksi yang harus diberikan sebesar $31.000 Menarik bukan? Dengan sistem leverage ini Anda dapat meningkatkan kualitas transaksi dari modal yang kecil. Saya bisa katakan ini peluang transaksi dengan diskon besar-besaran. 
Nah, transaksi CFD dengan saham memiliki beberapa kemiripan. Pertama, keduaanya memanfaatkan dari pergerakan harga. Contohnya, bila Anda beli CFD saham pada harga $14 lalu menjualnya di $16, maka Anda akan memperoleh keuntungan dari selisihnya sebesar $2. Sebaliknya bila Anda menjual CFD saham pada $8 lalu membelinya di $6, maka Anda memperoleh keuntungan dari selisihnya sebesar sebesar $2. 
Kedua, CFD dan Saham keduanya bergerak atas dasar dari efek berita; berita dari internal saham perusahaan tersebut maupun efek berita dari eksternal perusahaan. Hal ini berkaitan dengan berita kebijakan ekspansi perusahaan dan arah kebijakan ekonomi pemerintah negara dimana perusahaan tersebut berdiri. Setiap info tersebut akan sangat berguna bagi para pemegang saham untuk prediksikan arah pergerakan saham selajutnya. Ketiga, keduanya akan mempunyai dampak dari setiap aksi emiten yang hasilkan deviden. Yang menarik dari transaksi CFD adalah Pembeli CFD saham akan mendapatkan “Deviden” (pembagian keuntungan dari keuntungan perusahaan) tanpa pemotongan pajak. Bukankah ini menarik? Selain dari peluang jual dan beli Anda, terbuka peluang juga bagi Anda untuk mendapatkan sejumlah deviden dari perusahaan yang tengah alami keuntungan. 
 Keempat, Anda tidak perlu kuatir dengan pergerakan harganya. Keduanya mempunyai tingkat likuiditas yang sangat tinggi. Sehingga Anda dapat memanfaatkan peluang dari setiap pergerakan harga yang ada dengan maksimal. Terlebih, CFD dan saham juga mempunyai harga yang sama. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan perbedaan harga yang mencolok. Misalnya dengan saham Microsoft di harga $31.49, maka Anda tetap juga akan menemukan harga yang sama di CFD. 
Kelima, dengan bertransaksi CFD Anda juga akan mempunyai kesempatan bertransaksi dengan selisih harga jual dan beli yang sangat rendah (spread). Misalnya begini, Saham Newmont Minning Group bergerak di harga $62.50 untuk posisi jual, maka untuk posisi beli akan berada di $62.52. Dengan selisih Spread $0.02 akan memperlebar peluang transaksi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar