Selasa, 28 Juni 2011

Peluang Saat Emas Terkoreksi

Cukup banyak orang yang menanyakan kepada saya mengenai perkembangan dari pergerakan harga emas saat ini. Apakah ada kemungkinan mendapatkan peluang ditengah terkoreksinya harga emas seperti saat ini? Apakah saat ini masih menarik untuk bertransaksi Emas seiring dengan turunnya emas dalam dua minggu terakhir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya ingin mengajak pembaca untuk melihat history pergerakan harga emas pada bulan juni tahun lalu. Emas sempat reli dan mencetak level tertinggi di harga $1260 kemudian terkoreksi hingga level $1156 lalu pada bulan November kemudian emas kembali reli mencetak level tertingginya di harga $1430. Emas kembali mengalami koreksi hingga kisaran $1310 dan sebelum akhirnya emas kembali mengalami reli yang ditandai dengan mencetak level tertinggi dalam sejarahnya pada bulan Mei kemarin di harga $1576. 
Nah dari histori pergerakan harga emas diatas ada beberapa poin yang bisa kita telaah; yaitu pertama pergerakan emas setelah mengalami reli pasti akan mengalami apa yang disebut dengan fase koreksi atau konsolidasi dan yang kedua, koreksi yang dialami oleh emas tidak pernah menembus harga tertinggi sebelumya atau yang biasa dikenal dengan istilah selalu membentuk Higher Low. Dan juga kalau diambil rata-rata dari range koreksinya yaitu sekitar $110-an Pertanyaan apakah bisa ditemui peluang ditengah momentum penurunan harga emas saat ini maka hal tersebut akan terjawab. Di tengah buruknya sentimen pasar terhadap kekuatan ekonomi Eropa setelah buruknya rapor Yunani dan beberapa negara Eropa lainnya sempat menekan harga Emas yang juga disertai oleh aksi profit taking pasar. Saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mengambil posisi beli ditengah-tengah turunnya harga emas atau biasa kita kenal dengan istilah "buy on dip". Dilihat dari tren yang terjadi saat ini emas masih menunjukkan potensi bullish atau uptrend. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu resiko dari setiap transaksi yang kita lakukan, hal ini cukup penting untuk meminimalkan kerugian yang akan kita kemungkinan harus ditanggung. 
Berkaitan dengan posisi beli seperti yang saya utarakan diatas tentu tidak bijak kalau tidak kita batasi resikonya apabila pergerakan harga emas bergerak berlawanan arah dengan prediksi yang kita lakukan. Dengan melihat histori pergerakan harga emas diatas maka cukup bijaksana dan aman dengan menempatkan stoploss di harga koreksi terendah setelah mencetak level $1575 yaitu di kisaran $1460-an. Inilah yang sangat perlu dipersiapkan dalam setiap transaksi Anda, baik bagi Anda yang bertransaksi Emas maupun instrumen Forex lainnya. Transaksi yang diiringi dengan pemilihan manajemen resiko yang baik, sistem transaksi yang teruji, serta kesiapan psikologi Anda yang baik. Maka percayalah, bahwa Anda dapat memperoleh keuntungan dalam transaksi Anda ketimbang menderita kerugian.  

Market Update 
Dalam sepekan ini diperkirakan emas akan bergerak dalam kisaran range trading $1530 - $1490 dengan support kuat di $1485 dan resistance di $1520. Dan untuk pasar mata uang krisis di Yunani masih dominan mewarnai pergerakan mata uang dimana untuk euro diperkirakan masih akan tertekan dengan support di level 1.4070 dan resistance di 1.4305

5 komentar:

  1. masih ada peluang belikah?

    klo turun bisa bagaimana ya pak?

    BalasHapus
  2. wahhh Emas turun niii.....gmn coba?

    BalasHapus
  3. peluang tdk hanya untuk beli emas saja ya Pak?

    BalasHapus
  4. @Franky,dan Andihi B: Karena sistem perdagangan berjangka mempunyai kelebihan untuk bertransaksi dua arah (beli dan jual) maka disaat turunpun, Anda punya peluang pak

    BalasHapus
  5. sebaiknya anda berhati-hati trade dari arah jual( arah turun)

    BalasHapus