Selasa, 05 Juli 2011

Ingin Untung Transaksi Emas? Bangun Rencana transaksi Anda

Sejenak silahkan Anda bayangkan bagaimana pergerakan pasar uang dan komoditas dunia saat ini. Mari kita ambil lingkaran yang lebih sempit lagi. Bagaimana dengan fenomena investasi Emas yang sangat digandrungi masyarakat saat ini? Dan apakah Anda ketahui bahwa Emas yang marak menjadi perhiasan dan instrumen investasi ini telah mencapai harga tertinggi sepanjang masanya dengan mencapai harga $1576 per troy ons? Ternyata setelah menyundul keatas, kemudian Emas kemudian melakukan sekian koreksi harganya ke range harga $1400an. Pertanyaan yang cukup kompleks adalah bagaimana cara yang tepat untung bertransaksi Emas di tengah setiap peluang pergerakan harga?
Akan menjadi sangat penting sekali bagi Anda untuk mempersiapkan strategi transaksi Anda sebelum memulai transaksi Emas. Yang perlu Anda pahami adalah persiapan strategi transaksi yang baik akan menjadi sangat esensial dalam menuju kesuksesan transaksi Anda. Tanpa persiapan strategi transaksi, maka arah transaksi Anda akan menjadi tidak konsisten dan kekacauan tertentu yang pada akhirnya akan merugikan posisi transaksi Anda. Proses pembuatan strategi transaksi sebenarnya bisa dilakukan dalam satu hari saja, namun terkadang dengan pemberian paratemer yang begitu banyaknya maka akan membutuhkan beberapa minggu untuk bisa menghasilkan strategi transaksi yang baik. Walaupun proses pembuatan strategi transaksi akan juga tergantung dari pengalaman transaksi Anda, namun Anda tidak perlu membuatnya menjadi kompleks dan rumit. Yang dibutuhkan adalah waktu pembuatan strategi transaksi serta beberapa peraturan transaksi yang telah disesuaikan dengan karakter transaksi. 
Langkah pertama yang Anda perlu lakukan adalah memilih instrumen transaksi Anda. Nah bila Anda memilih Emas sebagai instrumen transaksi, maka Anda perlu memahami emas dan karakter pergerakannya. Langkah kedua adalah memilih broker atau pialang berjangka yang menyediakan produk emas berjangka tersebut. Dari sekian banyak pialang yang tersedia, Anda bisa memilih MONEX sebagai partner transaksi Anda dengan banyak kelebihan layanan yang diberikan perusahaan tersebut. Nah, dengan bertransaksi di MONEX, maka dengan sistem margin yang disediakan akan memperbesar peluang modal Anda bertransaksi. Dengan 1 lot transaksi (Rp. 10 juta) bisa bertransaksi 100 Troys ons (3.11 kg), coba bayangkan bila Anda beli emas fisik dengan jumlah yang sama maka Anda akan membutuhkan Rp 1,27 M. Tanpa persiapan strategi transaksi yang spesifik maka akan beresiko kerugian. Bertransaksi dengan hanya memperhatikan berita untuk mencari peluang transaksi bukan merupakan strategi transaksi. Anda harus mempunyai beberapa logika berpikir dan sistem transaksi teknis yang telah melalui sekian tes dalam akun demo. Namun Anda jangan melupakan untuk melakukan kontrol terhadap resiko transaksi yang ada sebelum Anda memutuskan untuk masuk pasar emas. Saran saya adalah Anda untuk menetapkan posisi batasan kerugian (stop loss) dengan parameter tertentu. Pemasangan stop loss ini akan memisahkan Anda dari trader-trader gagal yang mengesampingkan hal ini. Oya, sangat penting juga bagi Anda untuk membuat catatan jalannya transaksi Anda baik dengan hal yang berkaitan dengan alasan Anda masuk pasar serta catatan kerugian dan keuntungan. Dengan membuat catatan transaksi, maka Anda bisa melakukan review terhadap sistem transaksi yang Anda pakai. Apakah sistem transaksi masih bagus untuk dipakai atau harus menerapkan sistem transaksi lainnya. Menurut saya, sebuah strategi transaksi dapat diibaratkan sebagai sebuah peta perjalanan yang akan membimbing langkah Anda. Tanpa strategi transaksi maka bisa dikatakan transaksi Anda adalah transaksi buta. 
 
Market Update 
Dalam sepekan ini diperkirakan emas akan bergerak dalam kisaran range trading $1510 - $1470 dengan support kuat di $1482 dan resistance di $1502. Dan untuk pasar mata uang krisis di Yunani masih dominan mewarnai pergerakan mata uang dimana untuk euro diperkirakan masih akan menemukan momentum seiring dengan penyelesaian krisis di yunani, secara teknikal euro akan bergerak dikisaran range 1.4800 - 1.4444 dengan support di level 1.4430 dan resistance di 1.4660

6 komentar:

  1. modal besar kah Gan?

    BalasHapus
  2. Transaksi dmn ni pak saran Anda?

    BalasHapus
  3. good (y)
    dgn strategi yg bagus kita akan mendapatkan profit yg maksimal :)

    BalasHapus
  4. Bagaiamana cara bangun sistem yang selalu profit pak?

    BalasHapus
  5. @Anonim: Modal dengan sistem leverage dan margin, maka kebutuhan capital akan lebih kecil dibandingkan dengan transaksi fisik pak. Silahkan baca "Beli Emas dengan Sistem Katrol?" http://danielgurusinga.blogspot.com/2011/06/beli-emas-dengan-sistem-katrol.html

    BalasHapus
  6. @Sukarno: semua produk yang bisa ditransaksikan mempunyai karakter masing-masing pak. Silahkan disesuaikan dengan manajemen modal dan transaksi Anda.

    @Jimmy: Perlu proses dalam pembuatan sistem transaksi pak. Silahkan baca di "Mau Untung? Siapkan Strategi Anda"

    BalasHapus