Selasa, 05 April 2011

Bangun Strategi Transaksi


Sun Tzu dalam The Art of War pernah menulis “Kenalilah musuhmu, kenalilah diri sendiri. Maka kau bisa berjuang dalam 100 pertempuran tanpa risiko kalah”. Ternyata teori ini yang andal digunakan dalam masa perang kuno dan modern juga dapat juga diimplementasikan dalam meraih kemenangan transaksi Anda. Pergerakan pasar keuangan yang begitu besarnya memberikan ruang luas untuk menikmati keuntungan atau sebaliknya malah kerugian. Tentunya Anda bertujuan untuk raih profit dalam transaksi bukan?

Bayangkan saja bagiamana pergerakan harga emas dunia yang sebelum perang Libya bergerak di harga $1.408 yang kemudian mencetak ke harga tertingginya di harga $1.447,35 per troy ons. Menarik lagi, ternyata pergerakan yang begitu besar tersebut tidak membutuhkan waktu panjang , namun dalam hari ataupun dalam hitungan jam saja. 

Ketika Anda belajar transaksi melalui platform demo trading yang disediakan di PT. MONEX melalui MonexTrader, Anda akan menemui begitu banyaknya indikator teknis dimana Anda bisa memakai satu atau beberapa analisa yang tersedia untuk memutuskan transaksi Anda. Dalam fungsinya, analisa teknis dapat difungsikan untuk mengukur kualitas tren harga yang terjadi, untuk memutuskan saat yang tepat untuk masuk dan keluar pasar, serta untuk menyusun sistem transaksi yang baik.
Nah berikut adalah 5 langkah mudah yang Anda bisa pakai untuk menyusun sistem trading. Pertama adalah “Memulai dengan konsep”. Dalam langkah ini, Anda harus melakukan observasi grafik untuk menemukan petunjuk pergerakan dan titik entry dan exit yang tepat. Kedua adalah “Rubah konsep menjadi Aturan” dimana dalam langkah ini Anda dapat merubah sekian aturan yang tersusun di langkah pertama untuk menjadi aturan yang spesifik. Ketiga adalah “Cek secara Visual” yang di dalam langkah ini Anda dapat menguji sinyal tersebut dalam grafik demo akun serta mengcross-cek apakah ada kesamaan antara konsep aturan dengan aplikasi sebenarnya. Anda juga dapat menggunakan sistem yang sementara dibuat dalam beberapa instrumen transaksi.
Setelah itu Anda dapat menempuh langkah keempat yaitu “Tes Formal”. Dalam langkah ini Anda dapat melakukan backtest dan forwardtest. Dalam proses ni Anda akan melihat bagaimana performa sistem yang Anda buat di masa lalu serta bagiamana ke”ampuhan” sistem Anda untuk bertranskasi di demo akun.
Langkah terakhir “Evaluasi Hasil” adalah langkah dimana Anda dapat melakukan review terhadap bagaimana perjalanan sistem yang telah disusun dalam melakukan transaksi Anda. Jangan melupakan untuk menyusun jurnal transaksi yang bisa digunakan untuk menilai apakah sistem Anda merupakan sistem yang baik sesuai dengan ekspektasi serta batasan resiko yang Anda tetapkan.
Nah, pada akhirnya setelah sebuah sistem telah tersusun dengan baik dimana sistem tersebut telah melalui sekian tes tertentu yang membuktikan performanya. Bagian yang tidak luput pentingnya adalah bagaimana psikologi Anda sendiri untuk melakukan transaksi sesuai dengan sistem yang terpilih. Apakah Anda tahu bahwa keberhasilan seorang trader untuk memenangkan pasar bukan hanya pada dipunyainya sistem transaksi, namun bagaimana kesiapan trader untuk bertransaksi secara disiplin juga menjadi faktor penting. 
Bilamana Anda sudah memiliki sistem yang baik dan didukung oleh kesiapan psikologi yang mantap maka Anda dapat menikmati kemenangan transaksi seperti yang Sun Tzu ucapkan. Cheers…

Market Update
Dalam sepekan ini diperkirakan Poundsterling akan bergerak dalam kisaran range 1.6340 - 1.5980 dengan support di 1.6057 dan resistance di 1.6165. Untuk Euro diperkirakan bergerak dikisaran level 1.4435 - 1.3965 dengan support di 1.4060 dan resistance di 1.4360. Untuk komoditi emas diperkirakan akan bergerak di kisaran range $1444.70 - $1424.05 dengan support di $1418.60 dan resistance di $1438.70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar