Rabu, 25 Mei 2011

Skak Mat?

Adalah sebuah istilah En passant atau istilah dalam permainan catur dimana ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat menangkap dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Dalam setiap strategi catur terkadang pemain harus relakan beberapa pion-pionnya untuk harus di”korbankan”kan untuk dapat meraih kemenangan. Begitu banyak strategi permainan catur yang bisa didapatkan dari internet maupun buku-buku cetak. Terkait dengan itu, pastinya seorang pemain catur sudah persiapkan strategi tertentu bila menghadapi serangan tertentu dari setiap lawan mainnya. Apakah Anda tahu bahwa persiapan strategi permainan catur mempunyai tingkat kesamaan dengan persiapan strategi transaksi di pasar berjangka. Tentu akan sangat beresiko bila Anda bertransaksi tanpa strategi yang baik dan bersistem. 
Anda tidak perlu menjadi seorang “grandmaster” catur untuk bisa memenangkan permainan catur yang sering Anda lakukan. Namun yang dibutuhkan disini adalah kesediaan Anda untuk berlatih dalam permainan catur dan persiapan strategi permainan, begitu pula dalam teknik transaksi berjangka. Anda juga membutuhkan strategi transaksi. Seperti Sun Tzu dalam The Art of War yang pernah menulis “Kenalilah musuhmu, kenalilah diri sendiri. Maka kau bisa berjuang dalam 100 pertempuran tanpa risiko kalah”. Teori ini yang andal digunakan dalam masa perang kuno dan modern juga dapat juga diimplementasikan dalam meraih kemenangan transaksi Anda. Pergerakan pasar keuangan yang besar memberikan ruang luas untuk menikmati keuntungan atau sebaliknya malah kerugian. Tentunya Anda bertujuan untuk raih profit dalam transaksi bukan? 
Dalam platform MonexTrader, Anda akan menemui begitu banyaknya indikator teknis dimana Anda bisa memakai beberapa indikator yang tersedia untuk memutuskan transaksi Anda. Dalam fungsinya, analisa teknis dapat difungsikan untuk mengukur kualitas tren harga yang terjadi, untuk memutuskan saat yang tepat untuk masuk dan keluar pasar, serta untuk menyusun sistem transaksi yang baik. Nah berikut adalah 5 langkah mudah yang Anda bisa pakai untuk menyusun sistem trading. Pertama adalah “Memulai dengan konsep”. Anda harus melakukan observasi grafik untuk menemukan petunjuk pergerakan dan titik entry dan exit yang tepat. Kedua adalah “Rubah konsep menjadi Aturan” dimana dalam langkah ini Anda dapat merubah sekian aturan yang tersusun di langkah pertama untuk menjadi aturan yang spesifik. Ketiga adalah “Cek secara Visual”, dalam langkah ini Anda dapat menguji sinyal tersebut dalam grafik demo akun serta mengcross-cek apakah ada kesamaan antara konsep aturan dengan aplikasi sebenarnya. Anda juga dapat menggunakan sistem yang sementara dibuat dalam beberapa instrumen transaksi. Setelah itu Anda dapat menempuh langkah keempat “Tes Formal”. Dalam langkah ini Anda dapat melakukan backtest dan forwardtest. Anda akan melihat bagaimana performa sistem yang Anda buat di masa lalu serta bagimana ke”ampuhan” sistem Anda untuk bertransaksi di demo akun. Langkah terakhir “Evaluasi Hasil” adalah langkah dimana Anda dapat melakukan review terhadap bagaimana perjalanan sistem yang telah disusun dalam melakukan transaksi Anda. Jangan melupakan untuk menyusun jurnal transaksi yang bisa digunakan untuk menilai apakah sistem Anda merupakan sistem yang baik sesuai dengan ekspektasi serta batasan resiko yang Anda tetapkan. Nah, pada akhirnya setelah sebuah sistem telah tersusun dengan baik dimana sistem tersebut telah melalui sekian tes tertentu yang membuktikan performanya. Bagian Akhir tentunya yang perlu dilakukan adalah melakukan transaksi Anda sesuai sistem yang Anda tentukan dan disiplin dalam bertransaksi. Bila Anda disiplin dan mempunyai sistem transaksi yang baik, Anda dapat lakukan “skak mat” dalam transaksi Anda. Cheerss…

Market Update  
Setelah sempat mengalami koreksi tajam pada minggu ini emas pada minggu ini diperkirakan akan kembali menunjukkan kenaikkan secara teknikal emas pada minggu ini diperkirakan akan bergerak di range $ 1530-an - $ 1490-an dengan support ada di level $ 1500.00 dan resistance di level $ 1520.00. Sementara untuk mata uang euro diperkirakan masih akan mengalami penurunan seiring dengan kekuatiran krisis di yunani, euro diperkirakan akan bergerak di range 1.4253 - 1.3680 dengan support di level 1.3910 dan resistance di area 1.4200.

4 komentar:

  1. Strategi yang menarik dalam trading gan..., trus supaya kita bisa menerapkan secara disiplin gimana gan...

    BalasHapus
  2. Artikel ok ni, ijin quote pak

    BalasHapus
  3. @ All : trims pak, silakan bertransaksi dengan manajemen resiko dan transaksi yang tersusun dan sdh teruji

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat bagus dan menambah wawasan, thanks banget gan

    BalasHapus