Selasa, 05 Oktober 2010

Ikuti Laju Penguatan Saham


Sebuah fakta pasar yang menarik dalam beberapa waktu ini adalah penguatan emas ke rekor tertingginya, namun bukan emas saja yang menunjukkan performa positifnya. Indeks saham juga tidak ketinggalan memanfaatkan momentum dari membaiknya tingkat optimisme pasar akan pemulihan ekonomi.

Indeks S&P500 bulan September ditutup menguat 8.7% atau penguatan bulan september terbesar sejak 1939 atau level terkuatnya sejak bulan Mei 2010 lalu. Kecenderungan naiknya optimisme pasar terhadap perkembangan ekonomi akan cukup mewarnai perdagangan bulan Oktober ini. 
Psikologi pasar sempat terlihat tertekan di bulan Agustus lalu ketika beberapa data ekonomi dirilis dibawah ekspektasi pasar. Beberapa data tersebut juga sempat menguatkan bayang-bayang-bayang “dip recession” atau terulangnya kembali resesi ekonomi dunia yang lebih buruk daripada krisis finansial Oktober 2008 lalu. 
Langkah perbaikan beberapa data ekonomi di bulan ini seakan-akan menjadi langkah pertama dari berbaliknya gelombang ketidakyakinan pasar akan pemulihan ekonomi. Bulan ini pasar akan sangat mencermati bagaimana kelangsungan pemulihan ekonomi yang terfokuskan pada rilisan beberapa data ekonomi dari pemerintah AS serta beberapa hasil pengumuman pendapatan perusahaan-perusahaan besar di AS. 
Tidak ketinggalan dengan penguatan yang terjadi di bursa AS, bursa Hong Kong masih mencatatkan performa kuartalan terkuatnya dalam satu tahun, hal ini terbantu oleh data Cina yang mengindikasikan masih pesatnya ekonomi Cina. Namun kebijakan larangan Beijing terhadap sektor properti telah menaikkan resiko ancaman investor. 
Setelah sempat menguat ke level 22600 atau mendekati level tertinggi sejak 2008 yang lalu, Indeks Hangseng kembali mengincar level 24000. Kenaikan di dalam indeks Hang Seng dipimpin oleh HSBC, Cina
Construction Bank dan ICBC. Sentimen positif akan ekonomi Cina nampak menguat dalam beberapa tahun ini. Ekonomi Cina telah berkembang lebih dari 90 kali lipat dalam tiga dekade terakhir, didorong oleh ekspor ke negara-negara seperti AS. Cina juga akan mengatasi "masalah struktural" dan menstabilkan ekonomi dengan meningkatkan permintaan domestik, demikian komitmen dari Perdana Menteri Wen Jiabao. Manufaktur China juga terlihat tumbuh di laju tercepat dalam empat bulan terakhir, menunjukkan tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi Cina stabil.

Market Update
Dalam sepekan ini diperkirakan Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran range 9700 - 9030 dengan support di 9290 dan resistance di 9610. Sedangkan untuk Indeks Hangseng diperkirakan bergerak dikisaran level 22685 - 21950 dengan support di 22060 dan resistance di 22440. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar