Selasa, 21 Desember 2010

Pentingnya Trading Plan


Secara umum tingkat pemahaman terhadap perdagangan berjangka masih minim bahkan terkait dengan rendahnya pemahaman dalam transaksi bursa berjangka yang dinilai kerap kali menimbulkan kerugian. Inilah yang pada akhirnya membuat stigma negative terhadap bisnis ini. Sebenarnya pemerintah telah melakukan hal-hal yang dianggap perlu untuk memajukan perdagangan berjangka, khususnya dari sisi hukum dengan mengeluarkan perundang-undangan yang cukup ketat untuk mengawasi transaksi yang terjadi di bursa dan selalu memberikan edukasi mengenai transaksi di bursa berjangka terkait dengan resiko yang timbul.

Berkaitan dengan kemungkinan resiko yang mengiringi transaksi di bursa berjangka inilah yang sering diabaikan oleh trader. Seringkali mereka terjebak ketika sudah masuk pasar apalagi kalau sedang mengalami posisi pasar dimana pergerakannya berlawanan dengan arah transaksinya. Ketidaksiapan trader akan persiapan manajemen transaksi dan psikologi seringkali menjadi tekanan yang besar bagi transaksi trader. Apabila hal ini terus terjadi dan dialami maka pada akhirnya akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis trader dan ketika memutuskan untuk kembali masuk pasar sudah tidak menggunakan akal sehat tetapi hanya didasarkan atas emosi. 
Contoh kasus diatas banyak sekali dialami oleh para trader ketika bertransaksi di bursa berjangka yang dikarenakan kurangnya pemahaman akan resiko yang timbul dari perdagangan berjangka. Untuk mengurangi atau mengatasi resiko-resiko yang timbul ketika bertransaksi di bursa berjangka, berikut merupakan hal yang perlu dipahami yaitu anggaplah bertransaksi di bursa berjangka ini sebagai sebuah bisnis dimana dalam menjalankan bisnisnya atau transaksinya diperlukan suatu perencanaan bisnis atau dalam perdagangan berjangka dikenal dengan "trading plan". 
Untuk membuat suatu trading plan tidak terlalu rumit. Trading Plan dapat disusun hanya dengan menentukan beberapa parameter. Pertama yaitu menentukan instrumen yang akan ditransaksikan, kemudian menentukan strategi yang digunakan, jangka waktu yang digunakan, estimasi keuntungan, dan yang paling penting yaitu tingkat resiko yang siap ditanggung. 
Dengan membuat suatu trading plan atau perencanaan trading, maka ketika memutuskan masuk pasar atau bertransaksi di bursa berjangka, trader bisa mengetahui peluang keuntungan yang akan diperoleh dan juga sudah mengetahui resiko dalam artian kerugian yang akan diterima apabila posisi yang diambil berlawanan arah dengan pasar. Bila aturan-aturan yang sudah dibuat dalam suatu trading plan dijalankan dengan baik dari setiap transaksi yang dilakukan hal ini akan menghindarkan pengaruh emosi dalam setiap pengambilan keputusan transaksi. Hal kemudian yang harus dilakukan dan tidak kalah penting yaitu selalu disiplin dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dan terus melakukan evaluasi dari setiap aturan yang dibuat dalam trading plan.

Market Update
Euro cenderung masih tertekan terkait dengan kekuatiran masalah ketidakpastian penyelesaian kasus ekonomi Irlandia. Pada minggu ini euro diperkirakan akan dikisaran level 1.3360 - 1.2935 dengan support di 1.3075 dan resistance di 1.3294. Emas diperkirakan masih dalam fase konsolidasi. Emas diperkirakan akan bergerak di kisaran range $1398.00 - $1354.50 dengan support di level $1374.50 dan resistance di level $1391.95

2 komentar:

  1. Untuk bisa dapat profit yang maksimal dalam bisnis ini maka kita perlu memiliki trading plan sebab dengan trading plan maka akan membuat kita bisa trading dengan baik. Oleh karena itulah kita harus punya trading plan dengan baik dan mencoba menajalankannya dengan disiplin. Untuk trading di octafx saya juga berusaha untuk punya trading plan dengan baik dengan selalu menerapkan MM dan RM yang baik

    BalasHapus
  2. saya sangat puas dan nyaman sekali gabung di broker ACY, fasilitas dan layanan juga sangat baik sekali yang telah di berikan, seperti edukasi yang lengkap dengan khursus online, eksekusi yang cepat, dana terperpercaya, sehingga ane dapat aman dan nyaman menjalankan trading di broker ACY ini. ACY memang is the best broker

    BalasHapus