Selasa, 24 Agustus 2010

Mengenal Keunggulan CFDs


Mengenal berbagai instrument yang bisa dipakai segaia alat diversifikasi investasi adalah hal yang penting. Pada kali ini saya akan berbagi mengenai sebuah mengenai sebuah instrumen investasi yang memiliki sisi ketertarikan tersendiri.

Adalah CFDs (Contract for Differences) yang merupakan suatu kontrak antara dua pihak, biasanya digambarkan sebagai "pembeli" dan "penjual", yang menyatakan bahwa penjual akan membayar kepada pembeli perbedaan antara nilai sekarang dari aset dan nilainya pada saat kontrak. Dalam hal ini CFDs adalah sebuah instrumen turunan dari saham-saham yang tercatat di bursa Amerika, Jepang dan Hongkong. 
Melalui CFDs ini akan memberikan Anda peluang untuk meraih keuntungan dari setiap perubahan harga saham yang menjadi asal turunannya. 
CFDs sendiri mulai dikembangkan pada awal tahun 1990 di London oleh Smith New Court (sebuah trading firm di London). Pada awalnya CFDs memberikan fasilitas kemudahan bagi klien Smith New Court untuk melakukan short sell pada London Stock Exchange untuk tujuan hedging dengan menggunakan leverage dan terbebas dari stamp duty yang tidak tersedia pada transaksi saham lainnya. Dengan menggunakan CFDs, para klien besar Smith New Court tidak perlu lagi bertransaksi saham/ekuitas mereka secara fisik dan tidak perlu lagi meminjam saham pada saat ingin melakukan short sell. 
Pada dasarnya CFDs mempunyai beberapa kesamaan dengan saham seperti adanya arah pergerakan harga yang dipengaruhi oleh berita fundamental dan teknis pada grafik. Kedua adalah pergerakan CFDs yang mempunyai tingkat likuiditas tinggi yang mirip dengan saham underlyingnya. CFDs juga mempunyai ciri untuk dapat terimbas dari setiap aksi emiten dan aksi pembagian deviden dari saham perusahaan tersebut.
Namun CFDs juga mempunyai beberapa perbedaan yang menjadikannya sebagai sebuah instrumen yang menarik. Pertama adalah leverage, yang akan saya jelaskan melalui contoh berikut; kebutuhan margin CFDs adalah 10%, ini berarti bahwa dengan dana US$5.000, Anda dapat membeli saham CFDs yang senilai US$50.000 (10-1 leverage). Nah dengan leverage ini akan memberikan Anda ruang lebih luas untuk memilih berbagai pilihan saham dalam CFDs. Kedua adalah terbuka peluang untuk melakukan short sell (posisi jual saham terlebih dahulu) dimana Anda mampu melakukan penjualan saham demi meningkatkan profitabilitas tanpa melakukan posisi pembelian terlebih dahulu seperti saham pada umumnya. Sehingga Anda dapat mengambil keuntungan ketika harga saham jatuh, atau pada saat harga saham naik. Ini akan cukup sulit ditemui pada perdagangan saham. Ketiga adalah adanya imbas aksi pembagian deviden atau keuntungan perusahaan yang akan dibagi langsung bagi pemilik CFDs. Dalam hal ini deviden CFDs langsung dibagi pada pemilik CFDs (posisi beli) serta tidak dikurangi pajak sebesar 30% dimana hal itu akan terjadi pada perdagangan saham. Kelebihan dalam bertransaksi CFDs lainnya adalah tidak adanya antrian dalam transaksinya. Hal ini akan sangat berbeda bilamana Anda jumpai dalam proses transaksi saham.
Pada dasarnya bertransaksi CFDs seharusnya tidak dibedakan dengan bertransaksi saham pada umumnya, sehingga hal ini bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. 

Market Update
Dalam sepekan ini diperkirakan euro akan bergerak dalam kisaran range trading 1.2510- 1.2950 dengan support di 1.2595 dan resistance di 1.2870. Poundsterling diperkirakan bergerak dikisaran level 1.5345 - 1.5800 dengan support di 1.5405 dan resistance di 1.5710. Sementara itu untuk komoditi minyak mentah diperkirakan akan bergerak dikisaran range trading US$72.50-76.50 per barrel dengan support di US$73.20 per barrel dan resistance dikisaran US$74.95 per barrel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar