Selasa, 20 Juli 2010


Kontrak emas berjangka menembus level tertinggi dalam sejarahnya di bulan Juni lalu. Harga emas tertinggi tersebut di level US$1,264.85 per troy ons. Kenaikan tersebut bergerak dari level terendah emas tahun ini di US$1,044.30 per troy ons atau sebesar 21.03%. Faktor dari usaha pengalihan investasi ke aset yang dinilai lebih aman dari setiap gejolak ekonomi dan sempat meningkatnya kekhawatiran pasar akan keberlangsungan dari pemulihan ekonomi tahun ini, terutama dengan adanya beberapa anggota Uni Eropa yang memaksa UE untuk menyuntikkan dana sebesar 750 milyar Euro demi mencegah keterperosokan ekonomi unifikasi Eropa tersebut.

Namun seiiring dengan baiknya rapor sementara dari negara penerima bantuan UE tersebut dalam usaha mereka memulihkan setiap neraca ekonominya, hal ini tersirat dalam suksesnya lelang surat utang di Spanyol, Belgia dan Irlandia yang sekaligus mengikis kekhawatiran seputar krisis utang Eropa. 
Kondisi pasar Eropa yang mulai positif dalam beberapa minggu terakhir juga telah meredakan gelombang flight-to-quality menuju aset-aset dolar AS. Saat ini emas mengalami tekanan seiring dengan aksi profit taking yang dilakukan oleh pembeli emas yang telah tepat menempatkan posisinya dalam aset safe haven tersebut. Dari pencapaian level tertingginya tersebut emas kembali tertekan ke US$1,1184.70 per troy ons atau pelemahan sebesar 6.1% dari level tertingginya.
Seorang trader yang dapat memanfaatkan momentum dalam menentukan setiap portofolio transaksinya dapat disebut juga sebagai trader market timing. Seorang trader market timing adalah trader yang menentukan transaksinya dengan melakukan prediksi arah pasar di masa datang, biasanya dengan memeriksa harga terbaru dan data volume atau data ekonomi. Cara trading seperti ini adalah salah satu cara yang dapat menjadi faktor keberhasilan dari penentuan posisi di pasar. Analisa pasar yang tepat dan komprehensif dan diiringi dengan penentuan manajemen modal yang tepat akan bermuara pada sebuah bentuk transaksi yang bersistem. Trader tersebut dapat menghasilkan BLASH atau buy on low and sel on high (beli di harga rendah dan jual di harga tinggi). 
Pengetahuan akan pentingnya market timing akan menjadi sebuah hal yang menarik di tengah koreksi emas yang terjadi beberapa waktu ini. Emas masih mempunyai alasan yang cukup kuat untuk mendorong turbulensi mesinnya untuk terus menguat. Emas adalah aset yang mempunyai kecenderungan penguatan positif sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi serta meningkatnya angka permintaan emas di tengah fakta emas yang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dari setiap fakta yang ada telah mendasari alasan yang kuat bagi emas untuk menjadikan saat ini sebagai momentum emas sebagai aset buruan pasar yang akan semakin mendorong emas untuk menguat.

Market Update
Trend komoditi diperkirakan besar kemungkinan akan melanjutkan sesi sebelumnya. Emas pada sesi awal pekan bergerak dikisaran level US$1193.00 per troy ons dengan level support di US$1187.45 per troy ons dan resistance di US$1204.50 per troy ons. Penurunan ini diperkirakan merupakan sebuah koreksi untuk menemukan momentum untuk lebih menguat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar