Selasa, 07 September 2010

Tetap Bertransaksi di Pasar Saham Libur


Dalam merayakan lebaran tahun ini, libur perdagangan saham Indonesia diadakan tanggal 8 sampai 14 September 2010. Serta bagi perdagangan pasar saham, hal ini juga diberlakukan libur di hari yang sama. Perdagangan saham menjelang Lebaran, investor semakin bergairah setelah keluarnya data inflasi dan BI rate. Pada perdagangan Jumat yang lalu, IHSG ditutup melesat 42,128 poin (1,34%) ke level 3.164,27.

Sebuah informasi yang menarik bagi Anda yang tidak mau kehilangan peluang untuk meraih profit dalam transaksi saham yang akan saya sampaikan dalam artikel ini. Menjelang libur pasar saham dalam beberapa hari ini maka akan sangat menarik untuk masuk dalam transaksi dipasar saham yang tetap buka. 
Pasar saham yang tetap buka pada masa libur di Indonesia adalah pasar saham Amerika, Hongkong, dan Jepang. Nah inilah sebuah fakta yang menarik ditengah perkembangan pilihan instrumen diversifikasi investasi Anda. CFDs (Contract for Differences) merupakan produk derivatif yang merupakan turunan dari instrumen di bursa Amerika, Jepang dan Hongkong, dengan keterlibatan modal yang relatif lebih kecil dikarenakan menggunakan sistem margin. Melalui penggunaan konsep ini investor dapat memperoleh keuntungan atau mengalami kerugian sama dengan transaksi saham riil, namun dengan penggunaan modal yang kecil. Melalui CFDs ini akan memberikan Anda peluang untuk meraih keuntungan dari setiap perubahan harga saham asal turunannya. Bahkan disaat pasar saham Indonesia sedang libur, bagi Anda yang tidak mau kehilangan kesempatan untuk tetap menaikkan portofolio transaksi saham, maka bertransaksi CFDs adalah sebuah pilihan.
Didalam perbedaan dan persamaan antara CFDs dan Saham riil, terdapat sebuah hal yang menarik mengenai sistem margin yang memiliki kelebihan tersendiri. Untuk memahaminya, mari kita lihat ilustrasi berikut. Untuk bertransaksi saham Amerika maka setiap investor bisa bertransaksi dengan satuan lot (1000 lembar saham). Anggaplah Anda ingin membeli 10.000 lembar saham (10 lot) dari perusahaan Citigroup pada harga $3.90. Untuk saham riilnya Anda membeli saham dengan nilai $39.000 dengan modal yang diperlukan sebesar $39.000. Coba bandingkan dengan dengan bertransaksi CFDs dari saham Citigroup, maka Anda hanya perlu menyertakan modal sebesar $3.900 dengan bertransaksi nilai lembar saham Citigroup yang sama dengan saham riil. Keuntungan dari sistem transaksi margin adalah bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan seluruh isi nilai kontrak, sehingga Anda dapat bertransaksi dengan nilai yang lebih besar dari biasanya. Dampak tersebut adalah peluang keuntungan yang lebih besar dari perdagangan saham riil. Trading dengan sistem margin disebut juga dengan sistem gearing.

Market Update
Pergerakan beberapa saham CFDs di bursa utama dalam pekan ini relatif melemah sebagai imbas kondisi perekonomian yang masih belum stabil. Dalam pekan ini diperkirakan CFDs saham RIM (Research in Motion) akan bergerak dalam kisaran trading $46.50 - 43.20 dengan level support di $44.00 dan resistance di $45.40. Sementara itu saham CFDs Microsoft diperkirakan bergerak dikisaran level $25.80 - 23.20 dengan level support di $23.85 dan resistance di $24.85. Untuk pergerakan saham Jepang, Sony_JP bergerak dengan perkiraan range trading 2650 - 2390 (yen) dengan level support 2450 Yen dan resistance dikisaran 2610 Yen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar