Selasa, 11 Mei 2010

Sesi Tinggi Volatilitas Harga


Bila pembaca mengamati pergerakan perdagangan berjangka sesi perdagangan minggu lalu maka anda akan mendapatkan sebuah pergerakan yang sangat besar. Pergerakan mata uang Euro, Yen Jepang, Poundsterling, serta penguatan emas menjadi ketertarikan tersendiri.

Setelah kepanikan harga Kamis lalu, pelaku pasar terlihat sangat mewaspadai keadaan pasar setelah salah satu hari paling liar dalam sejarah Wall Street. Pasar masih belum menemukan fakta penyebab sempat tertekannya indeks saham Wall Street AS sebesar 1000 poin. Tekanan tersebut menyebabkan Dow Jones turun hampir 1.000 poin ke level harian terendahnya di 9.869,62 dan penurunan ini merupakan keanjlokan harian terbesar sejak krisis finansial 1987, sebelum akhirnya ditutup -3.20% di 10520. 
Pelemahan indeks Dow Jones tersebut diduga karena terkait kesalahan sistem yang menyebabkan saham-saham tiba-tiba ke angka nol. Kepanikan melanda bursa Wall Street setelah jatuhnya indeks saham hingga 9% dalam 2 jam terakhir perdagangan. Kesalahan teknis diduga menjadi pemicu jatuhnya bursa Wall Street, termasuk kekhawatiran masalah krisis utang di Eropa.
Perhatian pelaku pasar akan perkembangan data ekonomi dari setiap negara menjadi sangat kentara saat ini. Berbagai pertanyaan timbul seiiring dengan ekspektasi terus berlanjutnya tahun pemulihan ini; Dapatkah Yunani memulihkan defisitnya dengan bantuan sebesar 110 milyar Euronya? Bagaimana dengan Portugal atau Spanyol seiiring dengan penurunan peringkat hutang oleh S&P? Dapatkah seorang perdana menteri baru mengurangi defisit anggaran yang membengkak di Britania? Akankah krisis menyebar di Eropa? Dan bagaimana dengan ekonomi Amerika?
Jumat yang lalu dirilis data tenaga kerja AS yang lebih baik dari perkiraan atau sebesar 290.000 penambahan tenaker. Hal ini menjadi indikator yang cukup baik dari suhu ekonomi AS. Namun berlawanan dengan itu juga dirilis data pengangguran AS yang membengkak dari 9.7% ke 9.9%. Hal ini yang menjadi tekanan tersendiri dari keyakinan kekuatan ekonomi AS.

Market Update
Dengan masih abstraknya perkembangan pemulihan keuangan Uni Eropa menjadi keuntungan tersendiri dengan penguatan Indeks dollar. Poundsterling dalam kecenderungan tren melemah disesi perdagangan pekan lalu dengan mengalami tekanan yang cukup besar. Selain oleh karena arah penguatan indeks dollar, mata uang Inggris ini juga tertekan oleh faktor spekulasi pasar akan pemenang pemilihan umum yang sedang dilaksanakan Inggris. Spekulasi semakin massif dengan adanya pemilihan umum yang mungkin tidak dimenangkan mayoritas parlementer. Poundsterling terpantau bergerak dalam kisaran range trading 1.5313 - 1.4473 dengan range sebesar 840 poin pekan kemarin. Pergerakan poundsterling disesi awal pekan ini dibuka dikisaran level 1.4828 dan dalam sepekan kedepan diperkirakan akan dikisraran 1.5145 -1.4650, dengan level support di 1.4745 dan level resistance di 1.4950
Lalu bagaimana dengan pergerakan komoditi emas berjangka? Sesuai dengan level prediksi kami pada seminar outlook emas yang diadakan beberapa minggu yang lalu. Emas berhasil manuver penguatan mencapai US$ 1213.55 per troy ons. Di tengah ketidakpastian ekonomi nampaknya emas menjadi sarana investasi aman atau safe haven yang dinilai cukup aman dari tekananan inflasi dan goncangan ekonomi. Emas bergerak dalam kisaran range trading US$ 1157.50-1213.55 pekan lalu. Pergerakan emas disesi awal pekan ini dibuka di kisaran US $ 1203.65 per troy ons dan dalam sepekan kedepan diperkirakan akan bergerak dengan kisaran range trading US $ 1230.00 - 1185.50 per troy ons dengan level support dikisaran US $ 1190.45 dan resistance dikisaran level US $ 1220.50 per troy ons.

1 komentar:

  1. Ada kalanya gan volatilitas tinggi harus kita hindari, namun kalau bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan baik tentunya kita akan dapat memperoleh profit yang besar. Tetapi untuk yang belum memiliki kemampuan trading yang baik sebaiknya jangan dipaksakan karena tentunya akan sangat rentan sekali untuk mengalami kerugian yang besar nantinya. Kalau saya sih biasanya malah mencoba memanfaatkan momen seperti itu, berkat strategi trading saya yang cocok dengan keadaan seperti itu membuat saya bisa memperoleh profit yang baik pada saat menjalankan kegiatan trading saya di Gainscopefx.com ketika keadaan sedang volatilitas tinggi.

    BalasHapus